Beberapa Tips Menjalankan Program Affiliasi Pada Situs Anda

Program affiliasi atau iklan affiliasi, merupakan program kerjasama advertising online yang cukup populer di kalangan pebisnis online dan pemilik situs blog maupun website. Biasanya dalam program kerjasama iklan affiliasi melibatkan instansi perusahaan atau perorangan yang memiliki produk maupun jasa untuk di iklankan pada sebuah halaman situs dengan persetujuan komisi yang diberikan dan juga sistem pembayarannya.

Kebanyakan program affiliasi memiliki sistem klik dan transaksi, baru mendapat komisi.  Sebagai contoh Anda memiliki iklan pada blog dari sebuah produk, seseorang mengklik link atau banner promosi iklan tersebut kemudian orang yang mengklik tiba di website merchant serta melakukan pembelian.

Nah dari sinilah pemilik situs blog akan memperoleh komisi. Bagi Anda yang berminat untuk menjalankan program affiliasi semacam ini, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar sukses dan lancar.

Berikut ini kami mencoba berikan tips menjalankan program affiliasi, khususnya bagi Anda para pemilik situs blog maupun website

1.Ketahui kualitas produk iklan

Sebelum mengatakan deal untuk kerjasama dengan salah satu instansi perusahaan atau apapun itu, pastikan Anda mengetahui kualitas produk dari pengiklan. Maksudnya adalah apakah produk atau jasa yang di iklankan benar-benar berkualitas alias bukan abal-abal? Karena ketika Anda mengiklankan produk yang buruk nama blog atau website Anda bakal ikut tercoreng.

Namun dipastikan cukup jarang perusahaan yang berani bekerja sama affiliasi bukan perusahaan yang abal-abal. Biasanya mereka adalah toko online, penawaran bisnis dan produk yang cukup kredibel, mengingat bersedia untuk mengeluarkan dana untuk pemasaran.

2. Produk yang di iklankan banyak diminati

Percuma saja bila Anda memasangkan sebuah banner iklan dimana perusahaan yang bersangkutan menawarkan komisi besar, namun ternyata produknya tidak diminati.

Tentu malah membuat Anda menjadi beban. Visitor pun bakal malas untuk mengklik karena pada iklannya menampilkan produk yang tidak dibutuhkan.

3. Produk yang kontekstual lebih baik

Dalam hal ini sebenarnya tidak harus dipaksakan program iklan yang terpasang harus sesuai dengan tema atau kategori pembahasan blog Anda. Tetapi ketika Anda mendapatkan partner affiliasi yang menawarkan produk yang pas dengan isi blog Anda, maka hal tersebut bisa menjadi poin plus.

Visitor akhirnya akan melihat blog Anda cukup ideal, karena blog yang membahas soal game online tetapi memiliki iklan kontak biro jodoh adalah kurang ideal meski hal tersebut bukan merupakan sebuah kesalahan.

4. Program gratis itu wajib

Jangan mau bila Anda disuruh membayar sejumlah biaya untuk mengikuti program affiliasi. Cobalah Anda membuka lewat Google Search, disana Anda bisa mendapatkan berbagai iklan kerjasama affiliasi secara gratis tanpa biaya.

Biasanya Anda selaku pemilik blog atau website hanya cukup mendaftar dengan memberikan beberapa data yang menjadi persyaratan mengikuti program tersebut. Mungkin inilah yang disebut bisnis tanpa modal, meski pada dasarnya Anda harus bermodalkan tenaga, pikiran dan uang untuk membangun halaman blog yang menjadi fasilitas bisnis.

5. Mencari komisi besar tidak salah

Tidak salah jika Anda suka pilah-pilih dalam mencari program affiliasi, salah satunya adalah karena menginginkan komisi besar. Terkadang ada pengiklan yang hanya memberikan komisi 2% sampai 5%. Tetapi banyak pula yang berani memberi komisi hingga 10% atau bahkan 50%.

Tetapi jangan salah, walaupun komisi hanya 2% tetapi produknya bernilai tinggi sampai ratusan juga artinya Anda akan mendapat komisi relatif besar juga. Salah satu E-commerce lokal yang namanya sudah populer memiliki sistem komisi yang unik.

Karena E-commerce tersebut menjual berbagai macam produk, akhirnya struktur komisi berbeda-beda nilainya, mulai dari 2,5% untuk barang elektronik, 6% untuk barang non-elektronik, 10% barang fashion serta 1% untuk kendaraan. Tidak perlu munafik bila Anda menginginkan penghasilan besar bukan?

6. Produk yang didownload biasanya berani mahal

Ada banyak pemilik ide bisnis atau hal kreatif lain yang menuliskan informasinya melalui Ebook untuk dijual. Dan fasilitas pemasaran adalah melalui kerjasama iklan affiliasi dengan beberapa blog dan website.

Nah, bagi kalangan pemilik website dan blog produk semacam itu ternyata berani membayar komisi lebih tinggi ketimbang iklan perusahaan E-commerce yang agak ribet. Banyak blogger yang sudah hafal bahwa produk yang bisa di download berani memberi komisi diatas 10% bahkan bisa setengahnya.

Sebagai informasi tambahan silahkan buka link ini https://webhostmu.com/bisnis-online-affiliate-marketing/

Iklan