Museum TB Silalahi Center, Berlibur sekaligus Belajar Sejarah

Bila anda liburan ke Sumatera Utara jadi luangkan diri untuk singgah ke Toba Samosir. Toba Samosir – satu kabupaten – yang bukan sekedar menyuguhkan danau toba yang indah namun banyak juga histori menarik. Juga anda yang sudah bertempat di propinsi Sumatera Utara harus untuk menelusuri bermacam tempat menarik di kota anda. Supaya kenal lebih dekat! Makin mengetahui tentunya makin sayang, bukan?

TB Silalahi Center 123

Satu diantara langkah untuk mengetahui satu diantara kebudayaan serta suku yang berada di Sumatera Utara yaitu dengan berkunjung ke Museum T. B. Silalahi Center. Museum itu yaitu museum pribadi yang diprakarsai oleh Dr. T. B. Silalahi. Museum ini memanglah inisiasi pribadi yang pasti memperkenalkan sosok seseorang T. B. Silalahi. Namun, tidak cuma itu saja, anda juga bisa mengetahui budaya Batak lebih jauh sekali lagi! Penasaran dengan museum ini? Mari kita jelajah Museum T. B. Silalahi Center saat ini juga.

Histori Berdiri Museum Pribadi TB Silalahi Center

Seperti pernah disinggung, museum Batak ini adalah gagasan dari satu diantara orang Batak yang sudah berhasil serta pas jadikan contoh oleh generasi saat ini. T. B. Silalahi membuat satu wadah yang dipakai untuk berikan motivasi beberapa anak muda ataupun golongan tua untuk lihat pengalaman serta histori hidup seseorang bekas anggota TNI. Letjen TNI (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi yaitu satu diantara tokoh Batak yang di kenal oleh orang-orang. Museum itu dibuat dibawah yayasan sang purnawirawan. Bermula dari seseorang anak dari pengembala kerbau saat ini T. B. Silalahi jadi jenderal!

Perjalanan tersebutlah yang menginginkan diperlihatkan oleh T. B. Silalahi untuk generasi saat ini. Jadi tidak heran jika di Museum T. B. Silalahi Center itu, anda juga akan temukan satu ruang yang menghadirkan bermacam koleksi pribadi punya T. B. Silalahi. Semakin penasaran? Yuk, mari kita jelajah lebih jauh Museum T. B. Silalahi Center itu.

Jadi info, Museum T. B. Silalahi Center dibangun pad tanggal 7 Agustus 2006 serta lalu diresmikan nyaris dua th. sesudahnya, persisnya 17 April 2008. Maksud museum ini dibuat yaitu untuk pelihara, meningkatkan dan mempelajari kebudayaa Batak. Ditambah menghadirkan histori perjalanan inisiator satu diantara tokoh Batak yang inisiator museum ini, T. B. Silalahi.

Jelajah Museum yang Tidak Cuma Tunjukkan Koleksi Pribadi TB Silalahi

Walau digolongkan jadi museum pribadi, museum ini bukan sekedar menghadirkan histori kehidupan seseorang T. B. Silalahi saja namun juga budaya Batak. Bahkan juga, bermacam koleksi budaya Batak itu bukan sekedar budaya Batak Toba saja. Butuh dicatat kalau Batak mempunyai sub-kategori sekali lagi. Jadi, tidak cuma suku Batak Toba saja.

Nah, mari kita saksikan satu per satu apa sajakah yang berada di Museum T. B. Silalahi Center. Gedung museum ini di desain moderen yang terbagi dalam tiga lantai. Walau moderen, anda juga akan banyak temukan bermacam ukiran ciri khas Batak. Tersebut bebrapa sisi yang berada di museum itu :

1. Museum Batak Balige

Yap! Museum Batak adlah satu diantara bangunan paling utama yang berada di T. B. Silalahi Centre. Saat anda masuk lokasi itu, anda juga akan diterima oleh gapura dengan hiasan berbentuk artefak kuno ciri khas suku Batak.

Ada apa sajakah di Museum Batak? Disini anda bisa lihat histori peninggalan Batak, yakni Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing serta Angkola dan Pakpak. Ada bermacam benda-benda bersejarah seperti baju, senjata serta miniatur tempat tinggal Batak. Semuanya bendar bersejarah itu dipertunjukkan berdasar pada ke-6 suku Batak. Lalu, anda juga bisa melihat bermacam saran dari leluhur Batak.

2. Huta Batak

Oh ya, miniatur tempat tinggal Batak itu bahkan juga disusun mirip miniatur desa Batak jaman dahulu. Bagus! Sebagian komponen paling perlu yang berada di perkampungan Batak atau Huta Batak itu, diantaranya : kuburan batu, hariara, pohon bambu serta ulubalang. Tidak ketinggal, tiruan patung Gale-Gale yakni patung anak lelaki yang menarikan tarian tor-tor Batak juga dipajang diantara semuanya miniatur yang lain.

3. Museum Jejak Langkah serta Histori T. B. Silalahi

Lalu anda juga menjejakkan langkah ke ruang Museum Jejak Langkah serta Histori T. B. Silalahi untuk lihat sejarah seseorang T. B. Silalahi. Di ruang itu, anda bisa lihat perjalanan hidup serta bermacam koleksi pribadi T. B. Silalahi. Ada patung T. B. Silalahi yang berseragam militer didampingi oleh helikopter tua, tank perang dan patung macan.

Lantas, langkahkan kaki untuk lihat perjalanan kehidupan T. B. Silalahi sejak dari kecil hingga dewasa. Tidak cuma menghadirkan beberapa barang T. B. Silalahi saat jadi jenderal saja, sebagian photo keluarga juga dipertunjukkan.

Jadi, keseluruhan koleksi paling utama yang berada di museum itu cukup banyak. Koleksi di Museum Batak sendiri menjangkau 1010 jenis, lalu koleksi pribadi dari Museum Pribadi menjangkau 2648 koleksi. Belum juga, sebagian koleksi outdoor!

Terkecuali ke-3 sisi yang telah dijelaskan, ada Gallery & Souvenir Shop atau toko souvenir, convention hall serta tempat beristirahat di cafetaria. Jadi, sesudah capek melingkari museum yang memanglah luasnya cukup besar ini – anda dapat istirahat sesaat sambil belanja.

Di mana Alamat Museum T. B. Silalahi Center?

Alamat Museum T. B. Silalahi Center adlaah di Jalan Pagar Batu no. 88, Silalahi, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Satu diantara yang paling menarik dari lokasi museum yaitu anda dapat melihat keindahan Danau Toba dari lantai dua serta tiga gedung museum! Jadi, museum tidak monoton namun penuh warna.

Buat kamu yang pertama kalinya ke Museum T. B. Silalahi – perlu untuk diketahui – lokasi museum masih tetap berjarak sekitaran 300 mtr. dari jalan paling utama. Jadi, butuh kendaraan pribadi untuk menjangkau museum itu. Atau, anda dapat pakai akomodasi yang disiapkan oleh Hotel Tiara Bunga yang berada di Tuktuk, Desa Tarabunga, di Tampahan-Balige.

Disamping itu, anda yang datang dari kota Medan – perlu saat tempuh sekitaran 6-7 jam menjangkau tempat itu. Anda bisa meniti jalan darat atau pakai jalur udara ke Bandara Silangit yang berada di Tapanuli Utara. Demikian halnya dengan anda yang ada diluar Propinsi Sumatera Utara bisa menjangkau Bandara Silangit jika memanglah ada pesawat terbang dari kota anda.

Dari Bandara Silangit, sila pakai kendaraan lewat jalur darat ke Desa Soposurung Balige. Lokasi lokasi museum terdapat dekat Makam Raja Sisingamangaraja XXI. Dari lokasi itu, anda juga akan lihat ladang jagung serta sebagian tempat tinggal tradisionil yang juga akan memberi warna perjalanan anda menuju museum.

Kesimpulannya, anda harus bertandang ke Museum T. B. Silalahi Center! Terdapat beberapa pemandangan serta bermacam ‘sajian’ menarik yang juga akan anda saksikan. Dari mulai pemandangan daerah Toba-Balige yang masih tetap asri, perjalanan ke lokasi museum yang tradisionil, lalu bermacam histori Batak di museum dan motivasi dari T. B. Silalahi. Lantas, pemandangan Danau Toba yang pasti bisa memanjakan mata saat berkeliling-keliling lokasi museum. Ah! Tidak sabar untuk jelajah Museum T. B. Silalahi Center! Ajak rekan serta keluarga.

Selamat liburan serta sesaat menengok histori waktu dulu!

Artikel dari situs Lirik Lagu Batak

Iklan